Desainer Grafis
Design

6 Tips Pembuatan Desain Untuk Iklan

Mengerjakan proyek desain untuk periklanan memiliki tantangan tersendiri, karena dibutuhkan kepekaan pada sisi artistik, kreatif, dan tuntutan akan kombinasi warna-warna yang halus dan elegan. Footalk Blog membagikan sejumlah tips dalam pembuatan desain untuk periklanan. Berikut ulasannya.

Kombinasi Gambar dan Text

Ada empat kriteria yang harus diterapkan dalam mengkombinasikan permainan text dan gambar dalam sebuah banner untuk iklan, yakni :

 

  • Sebuah gambar lebih baik daripada seribu kata-kata. Kalimat filsafat ini benar, asal gambar yang digunakan memang menarik perhatian dan memiliki kualitas yang bagus.
  • Jangan menggunakan background atau latar belakang yang terlalu ramai dan warna yang mencolok karena akan mengaburkan text yang digunakan.
  • Jika menggunakan background yang menonjol, anda bisa mengakali dengan memainkan Shapes yang bertumpuk.
  • Memanfaat tipografi dengan background yang simpel, dan mengurangi tekstur yang berlebihan, bisa menjadi pilihan yang bagus.

Gunakan Foto Manusia atau Produk Dengan Cermat

Karakter dalam banner yang sedang dibuat, haruslah memiliki ekspresi wajah yang merepresentasikan produk. Tentu, modelnya juga harus terlihat stylish. Akan tetapi jika proyek yang sedang dikerjakan bertujuan mempromosikan produk, maka desain harus fokus pada produk tersebut. 

Penyusunan Layout

Untuk menonjolkan informasi diskon dalam banner, anda harus dengan cermat melakukan penyusunan layout. Hal ini bisa diakali dengan mengubah ukuran text atau memberi warna mencolok untuk menarik perhatian. Beberapa desainer biasanya memiliki trik menonjolkan informasi penting dengan cara menyamakan warna text dengan objek utama. Tujuannya untuk menciptakan koneksi antara informasi dan objek utama yang ditonjolkan. 

Manfaatkan Fitur Carousel

Kendala utama para desainer adalah ketika informasi yang harus ditampilkan terlalu banyak, melebihi aturan 20%. Mayoritas agensi iklan membatasi penggunaan text tidak boleh melebihi 20% ruang yang ada di banner. Untuk mengakalinya, desainer biasanya akan memasukkan informasi tersebut dalam beberapa banner yang kemudian ditampilkan dengan format carousel. 

Dengan memanfaatkan fitur Carousel ini, informasi yang banyak itu bisa ditampilkan dalam satu bingkai, namun dengan gambar-gambar yang berbeda. 

5 Kata Ajaib

Pengiklan percaya ada 5 kata ajaib yang wajib untuk dimasukkan dalam setiap banner promosi, agar orang-orang bisa tertarik. “Anda, Segera, Karena, Terbaru dan Gratis” adalah kata-kata ajaib tersebut. 

Gunakan kata-kata ajaib itu dalam sebuah text-box dan beri warna yang mencolok untuk menonjolkannya. Pasti desain banner yang anda buat akan langsung menarik perhatian orang-orang saat pertama kali dilihat. 

Penempatan Logo

Karena penggunaan text yang mempunyai limit terbatas, menempatkan logo akan membantu penyampaian pesan dan membuat produk memiliki hubungan kuat dengan brand. Logo hendaknya ditempatkan di bagian pojok yang kosong. Anda juga harus mengatur penggunaan objek utama seperti gambar produk, text ataupun shape secara berlebihan, karena akan mengaburkan keberadaan logo yang dipasang.