social media
Others

Masih Efektifkan Penggunaan Social Media untuk UKM?

Tidak bisa dipungkiri, di jaman yang semakin canggih ini, peran media sosial cukup vital. Media sosial yang awalnya dipergunakan untuk memudahkan berkomunikasi, kini digunakan juga untuk bisnis.

Namun, saat ini, sudah banyak marketplace terutama di Indonesia yang dilengkapi dengan aplikasi. Jika sudah begitu, apakah media sosial masih efektif terutama untuk UKM saat ini?

Survey Media Sosial untuk Bisnis

Seperti berita yang dilansir dari dailysocial, terkait dengan laporan dari Paxel yang bertajuk Buy & Send Insights menunjukkan jika media sosial saat ini masih berpengaruh untuk bisnis UKM.

Dalam laporan tersebut, Paxel bekerja sama dengan Provetic melakukan survey ke 535 responden yang dibagi menjadi 3 kategori yaitu:

  1. Beginner seller sebanyak 33% yang memiliki bisnis kurang dari 1 tahun.  
  2. Experienced seller dengan presentasi 33% untuk yang berjualan 1-2 tahun.
  3. Veteran seller sebanyak 34% yang sudah berjualan lebih dari 2 tahun.

Dari laporan yang sudah didapat tersebut, hingga tahun 2019, media sosial lebih banyak dipergunakan oleh UKM untuk berjualan dibandingkan dengan e-commerce. Hasilnya, lebih dari 87% responden menggunakan lebih dari 1 media sosial untuk berjualan.

Media sosial yang paling banyak dipergunakan adalah:

  • WhatsApp sebanyak 84%.
  • Instagram sebanyak 81%.
  • Facebook sebanyak 36%.

Walaupun begitu, para pelaku UKM juga mengkombinasikan antara media sosial dengan penggunaan marketplace. Dari laporan yang dikeluarkan oleh Paxel tersebut, Shopee tercatat sebagai marketplace yang paling banyak dipergunakan dengan 53%, diikuti Tokopedia (29%) dan Bukalapak (18%).

Untuk penggunaan marketplace itu sendiri, banyak didominasi oleh veteran seller (42%), diikuti experienced seller (34%) dan beginner seller (24%). Sedangkan yang berjualan di media sosial, didominasi oleh beginner seller (44%), lalu diikuti oleh experience seller (32%) dan veteran seller (24%).

Dari data tersebut, sebagian besar UKM tidak memiliki toko fisik. Bahkan, tanpa toko fisik pun, penghasilan lewat toko online lebih besar dibandingkan penjualan lewat toko fisik.

menghubungkan social media untuk bisnis
Menghubungkan social media untuk bisnis

Hati-Hati Menggunakan Media Sosial

Walaupun kini media sosial masih efektif untuk berjualan online, terutama UKM, namun, beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Diantaranya adalah:

  • Kata-kata Anda saat menjawab pertanyaan konsumen terutama tentang keluhan.
  • Siap-siap untuk selalu minta maaf walaupun Anda belum tahu mengenai keluhannya.
  • Menjaga diri agar tidak mudah terpancing kemarahan.
  • Segera mencari jawaban atas keluhan yang disampaikan konsumen. Jangan terlalu lama karena hal tersebut akan berpengaruh pada penilaian konsumen pada cara kerja toko Anda.

Jadi, media sosial masih ampuh dan efektif untuk Anda pergunakan berjualan. Apalagi saat ini media sosial sudah dilengkapi dengan fitur bisnis, misalnya di instagram. Jika ANda masih ragu untuk berjualan sendiri, Anda dapat mencari tips memilih jasa iklan terpercaya untuk membantu berbisnis di media sosial. Selamat berjualan dan semoga sukses.