digital marketing funnel
Others

Apa Itu Funneling Dalam Dunia Bisnis

Apa Itu Funneling Dalam Dunia Bisnis perlu Anda ketahui terutama didunia marketing. Apalagi dijaman yang serba digital dimana  semua bergerak serba cepat dan mudah. Semua hal kini menjadi lebih mudah dengan adanya perkembangan teknologi dalam banyak bidang termasuk bisnis penjualan.

Dalam dunia bisnis atau usaha, penjualan sangatlah penting untuk terus diperhatikan pertumbuhannya. Apalagi kini lebih banyak tumbuh bisnis atau usaha dengan cara online. Sebuah cara baru yang memanfaatkan teknologi dan kemampuan yang dimiliki serta terdapat banyak keuntungan bagi pelakunya.

Bisnis atau usaha secara online ini banyak dipilih karena mudah dan dapat dilakukan oleh hampir semua kalangan. Tak memerlukan adanya tempat usaha serta karyawan menjadi sebuah kelebihan yang dimiliki bisnis online ini. Apalagi modal yang diperlukan pun tak sebesar jika Anda memiliki tempat usaha.

Namun dalam bisnis online, mengetahui cara atau tehnik agar penjualan sangatlah penting dikuasai. Hal ini untuk mendorong konsumen untuk bertransaksi, bukan hanya sekedar melihat iklan atau penawaran Anda. Itulah sebabnya Anda perlu mengetahui apa itu funneling yang erat kaitannya dengan proses penjualan.

Funneling atau sales funneling adalah proses atau tahapan yang dilakukan oleh pemilik usaha untuk mendorong orang untuk membeli saat melihat iklan Anda. Karena bisnis online proses dari awal hingga akhirnya terjadi transaksi penjualan berbeda dengan yang biasa.

Jika dahulu Anda menjual produk atau barang di toko maka calon pembeli dapat langsung melihat serta mengetahui secara langsung. Sedangkan pada bisnis online, calon pembeli hanya melihat sebuah produk berdasarkan foto atau gambar dan keterangan yang Anda berikan.

Disinilah pentingnya Anda mengetahui apa itu funneling. Karena sistem sangat membantu tingkat penjualan pada bisnis online Anda. Dengan digital marketing funnel ini Anda akan lebih memahami dan mampu menarik banyak pembeli. Proses yang ada dalam sales funneling diantaranya adalah:

  1. Identifikasi, proses dimana Anda mencari tahu target pasar dari produk atau bisnis online yang akan dilakukan. Dengan melakukan sedikit riset, Anda dapat mengetahui sifat, kebutuhan apa saja yang biasa timbul di target pasar.
  2. Filtering atau tahap dimana Anda menyaring para calon pembeli dengan cara mencantumka harga. Dengan Anda mencantumkan harga dari produk atau bisnis yang dijalankan, maka akan diketahui kemampuan calon pembeli. Waktu Anda tak akan habis hanya untuk menjelaskan produk tapi calon konsumen ternyata tak memiliki kemampuan untuk membeli.
  3. Penawaran, tahap dimana Anda memberikan info atau iklan yang membuat tertarik calon pembeli. Tanpa merasa dipaksa, calon pembeli akan tertarik dan membeli produk yang anda miliki. Terdapat beberapa teknik yang dapat Anda pilih untuk dilakukan seperti copywriting hypnoselling atau soft sellìng.
  4. Membeli atau tidak, proses akhir yang menentukan terjadinya sebuah transaksi pembelian atau tidak. Jika nantinya tak terjadi transaksi pembelian maka hal tersebut bukanlah sebuah masalah. Karena nantinya Anda dapat menghubungi dan menawarkan kembali
  5. Pelanggan, saat terjadi transaksi pembelian maka konsumen tersebut memiliki peluang untuk kembali memesan. Dengan kata lain akan menjadi pelanggan jika Anda mampu memelihara hubungan dan komunikasi yang baik.

Dengan mengetahui apa itu funneling, Anda akan lebih mudah menjalankan setiap proses atau tahapan agar terjadi transaksi dan penjualan pun keningkat. Tak serumit yang dibayangkan, akan tetapi tak semudah pula jika tak dilakukan.

Karena jika Anda ingin memiliki penjualan yang cukup tinggi terutama jika berbisnis secara online maka perlu memahaminya. Menjalankan apa itu funneling akan sangat membantu bisnis online terutama pada kondisi seperti sekarang ini