Design Property

Pengertian Interior Kantor dan Desain Terbaik untuk Ruang Kerja

Pengertian interior kantor memiliki definisi tersendiri karena tidak bisa disamakan dengan jenis interior ruangan lain. Sebuah kantor sepatutnya digunakan untuk aktivitas pekerjaan, sehingga harus ditata sedemikian rupa untuk menunjang kinerja orang-orang yang ada di dalamnya. Berbagai elemen interior pun harus diperhatikan dengan teliti agar pekerjaan dapat berjalan dengan lancar.

Lantas, seperti apa desain yang ideal untuk sebuah ruang kantor? Sebenarnya tidak ada definisi yang umum untuk menjelaskan hal ini. Kantor dapat dibedakan menjadi bermacam-macam jenis sesuai fungsi dan tujuannya. Dengan demikian, desain interior kantor pun perlu disesuaikan dengan definisi tersebut.

Anda bisa menggunakan jasa desain interior kantor profesional untuk mendekor ulang ruang kerja Anda. Setidaknya, ada beberapa pedoman umum yang harus dipenuhi guna menghasilkan interior kantor yang nyaman dan kondusif untuk bekerja.

 

2 Unsur Penting dalam Pengertian Interior Kantor

  • Tata Letak

Pengertian interior kantor berkaitan erat dengan pengaturan tata letak. Coba Anda tulis di atas kertas, benda apa saja yang biasanya ada di sebuah kantor? Anda akan menemukan bahwa sebagian besar benda yang ada di kantor adalah benda-benda fungsional. Artinya, benda-benda tersebut memiliki fungsi tertentu dan dibutuhkan untuk menunjang aktivitas pekerjaan.

Contohnya seperti meja, kursi, lemari, proyektor, papan tulis, stop kontak, dan masih banyak lagi. Semuanya dibutuhkan dan memang sangat penting dalam pekerjaan. Tata letak benda-benda tersebut juga harus presisi agar memenuhi fungsinya sekaligus untuk memperindah ruangan. Ingat, dalam desain interior, esensi dan estetika adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan.

Tata letak perlu disusun agar sesuai dengan kebutuhan orang-orang yang beraktivitas di dalamnya. Dalam definisi kantor, Anda harus merancang matang penempatan meja atasan, meja asisten, meja staf, lemari arsip, rak alat tulis, printer umum, galon air minum, dan semua elemen yang ada di dalam kantor. Susunan dan urutannya juga harus presisi dari yang paling dekat pintu sampai ke sudut ruangan.

 

  • Pencahayaan

unsur pencahayaan juga sangat penting dalam pengertian interior kantor. Kantor yang baik adalah kantor yang mempunyai tingkat pencahayaan ideal. Artinya, cahaya di dalam kantor tidak boleh terlalu gelap, tapi juga tidak boleh terlalu terang. Cahaya harus cukup untuk memudahkan pekerja dalam membaca teks di atas kertas, menulis di kolom-kolom berukuran kecil, atau membuat tabel simetris dengan bolpoin dan penggaris.

Sumber dan arah cahaya juga harus diatur dengan baik agar dapat tersebar rata ke seluruh bagian ruangan. Jangan sampai ada bagian yang terlalu terang, tapi sisi lainnya justru terlihat sangat redup. Kecuali jika memang dibutuhkan untuk keperluan tertentu.

 

Atur Ulang Kantor Anda untuk Meningkatkan Produktivitas

Dalam desain interior, pengaturan ruangan tidak hanya memberi manfaat pada segi fungsional maupun estetika. Unsur psikologis pun sangat diperhitungkan dalam mendesain ruangan. Suasana di dalam kantor akan mempengaruhi mood pekerja yang ada di dalamnya. Secara tidak langsung, hal ini akan mempengaruhi produktivitas pekerja. Karena itulah mendesain interior kantor sangat penting untuk dilakukan. Tentunya dengan berpedoman pada pengertian interior kantor yang sudah Anda baca di atas.